Jangan Lupa Bahagia

Pernahkah Anda mengalami kondisi yang tidak mengenakkan seperti merasa stres, tertekan, sedih, tidak berguna, bahkan merasa tidak ada harapan sehingga membuat Anda tidak mampu mengerjakan suatu pekerjaan dengan benar dan merasa tidak mempunyai energi sama sekali untuk sebuah pekerjaan yang ringan/mudah sekalipun? Jika Anda pernah mengalaminya, hal tersebut membuktikan bahwa kondisi psikologis manusia yang sehat sangat lah penting, namun sayangnya terkadang sering kita abaikan. Lalu bagaimana caranya agar kondisi psikologis selalu terjaga dengan baik?

 

Jawabannya adalah satu kata, “bahagia”. Anda tidak bisa mengendalikan berbagai masalah yang pastinya akan muncul dalam kehidupan Anda, namun Anda dapat menghadapi dan menyelesaikannya dengan lebih baik bila Anda memiliki pikiran dan perasaan yang positif.

 

Setiap orang tentu memiliki standar kebahagiaan sendiri-sendiri. Mungkin kebanyakan orang telah memiliki pandangan bahwa “Kebahagiaan datang setelah kita mencapai suatu kesuksesan.” Tapi, benarkah begitu? Setelah sukses, apakah Anda pasti akan menjadi bahagia?

 

Nyatanya tidak juga. Manusia cenderung tidak pernah merasa puas sehingga akan menetapkan standar yang lebih tinggi lagi. Jika begitu, kapan kah manusia akan benar-benar mendapatkan kebahagiaan? Atau justru semakin merasa tertekan?

 

Sebenarnya kuncinya sederhana, jangan taruhkan kebahagiaan Anda pada kondisi eksternal seperti pekerjaan, lingkungan dan lainnya karena jika kondisi tersebut berubah, maka kebahagiaan Anda pun ikut hilang. Sejatinya, kebahagiaan bersumber dari dalam diri Anda sendiri. Anda bisa mendapatkan kebahagiaan tanpa syarat karena Anda lah yang mengontrol pikiran dan kebahagiaan Anda sendiri.

 

Berikut beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menemukan kebahagiaan dalam hidup:

  1. Temukan kembali makna hidup
    Ingat kembali apa yang menjadi tujuan hidup Anda yang sejati.
  2. Berani memenuhi panggilan hidup
    Lakukan apa yang menjadi kegemaran Anda, mungkin kegemaran itu juga dapat berubah menjadi profesi Anda.
  3. Luangkan waktu bersama teman-teman Anda
    Sediakan waktu untuk bercengkrama dan berbagi cerita bersama teman-teman Anda untuk recharge pikiran dan perasaan Anda.
  4. Jangan racuni kebahagiaan Anda
    Jauhkan diri dari pikiran dan perasaan negatif seperti benci, sakit hati dan lainnya karena itu hanya akan menyumbat sukacita dan kebahagiaan Anda.
  5. Nikmati setiap momen dan bersyukurlah
    Hidup adalah pelajaran, suka duka yang datang pada akhirnya akan mendatangkan kebaikan bagi Anda, karena itu syukuri, nikmati dan jadikan tiap momen sebagai pelajaran.

 

Kebahagiaan adalah bahan bakar utama untuk mencapai kesuksesan, bukan sebaliknya. Kebahagiaan akan membantu mendorong potensi dan kinerja manusia pada batas optimal yang akan mengarah pada keberhasilan.

 

Salah satu hal yang dapat mendukung kebahagiaan Anda adalah bekerja sesuai yang dengan passion Anda, apalagi bila didukung suasana kantor yang dapat membantu Anda menjadi lebih berkembang. Apakah PT Indocare Citrapasific dapat memenuhi passion Anda? Mari bergabung dengan kami! Temukan lowongan kerja yang sesuai minat dan bakat Anda di www.indocare.com pada halaman karir.

 

(disarikan dari Buku ”Manusia Apa Robot” oleh William Budiman)