Cetak
Dilihat: 259

Pak Yono* adalah seorang pria yang berusia 57 tahun. Dulu, ia bekerja sebagai penjual ikan di lelang Kalibaru. Tuntutan pekerjaan membuatnya harus berangkat sejak pukul satu dini hari dan bekerja di antara banyaknya es batu pendingin ikan setiap hari selama bertahun-tahun. Suhu dingin yang harus dihadapinya demi menafkahi keluarga akhirnya menyebabkan Pak Yono jatuh sakit karena mengalami stroke.

 

Kini, kehidupan Pak Yono telah berubah seratus delapan puluh derajat. Stroke tak hanya menyebabkan ia kehilangan mata pencahariannya namun juga merenggut kemampuannya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan, otot-otot kakinya yang melemah dan tak dapat berfungsi dengan baik karena stroke menyebabkan ukuran kakinya menyusut.

Ditemani sang istri yang setia mendampingi dan merawatnya, Pak Yono hanya dapat membaringkan tubuh lemahnya di kamar sempit yang dihuninya. Karena sakitnya, Pak Yono dan sang istri yang selama ini hidup berkekurangan harus bergantung pada anak-anak mereka untuk tetap menyambung hidup.

 

Pak Yono adalah satu dari sekian banyak warga di daerah perkampungan kumuh di Cilincing, Jakarta Utara yang dikunjungi oleh Yayasan Indocare Peduli (YIP). Pada tanggal 17 November 2018 yang lalu, tim YIP yang bekerja sama dengan Kesusteran Puteri Kasih Cilincing mendatangi kediaman Pak Yono dan keluarga dan memberikan bantuan berupa tindakan pengobatan medis untuk terapi kesehatan Pak Yono.

 

Pak Yono mengalami stroke dan kaki yang mengecil Pak Yono mendapatkan penanganan medis yaitu akupuntur
Akses ke kamar Pak Yono harus melewati tangga yang curam Kondisi rumah Pak Yono yang memprihatinkan

 

Melalui bakti sosial yang kerap kali diadakan oleh YIP ini, Indocare Group memberikan pelayanan kesehatan bagi mereka yang membutuhkan. Berawal dari didirikannya klinik YIP di berbagai wilayah di Indonesia, kini tim medis YIP yang terdiri dari dokter, ahli akupuntur, perawat dan para relawan juga mulai terjun langsung mendatangi rumah-rumah kurang mampu terutama mereka yang tidak dapat pergi berobat ke dokter karena kelemahan fisik yang dideritanya. Semua kegiatan ini dapat berjalan dengan baik tentunya berkat dukungan dari berbagai pihak, mulai dari Konimex Group yang kini menaungi Indocare hingga para relawan dan donatur yang tergerak untuk melayani. Kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian (care) yang menjadi nilai utama Indocare. Mari bersama melayani sesama.

 

 

*Bukan nama sebenarnya